Thursday 17 March 2011

omooo!!!!macam da gemuk je..

Assalammualaikum wbt..

Post kali nie tentang gemuk..huahuaaa..aku mcm da gain banyak kilo..balik2 jogja nie da ramai tegur cakap aku da gemuk!alamak..dlu naik berat pun xdela sampai kena tegur..parah nie..padahal antara budak2 umah aku,aku diantara yg slim la jga..hahaaa..antara dialog2 mencengkam kalbu yg dilontarkn pada aku..cewahhh tacin plak ye..;p

situasi 1:
wawa(junior):effa,ko da gemuk
aku:hah yeke?
wawa:aa'ah..nampak sgt..
aku:owhhh tidakkkk!!!!!

situasi 2:
nurul(junior):akak,knapa saya nampak akak mcm da besar je?
aku:hah da besar?tang mana yg besar tu?
nurul:entahla tp dulu(b4 cuti sem) akak nmpk cm kecik je..
aku:huhuuuu..memang akak da gain a few kilos..

situasi 3:
kimie(classmate):wei effa,ko da gemuk.
aku:yeke?huaaaaaa mmg sluar aku cam da ketat cikit..:(

situasi 4:
musa(classmate budak kemboja):mama,kok kamu udah gemuk ya?(musa panggil aku mama kelinci due to some stupid scenes)
aku:benaran kamu?
musa:iya kelihatan banget..
aku:huaaaaaaa...

hmmm nie sume gara2 sedentary lifestyle yg aku jalani waktu cuti sem hari tu la..kalo kt malaysia sah2 la senaman berkurang..nk p mana2 pun naik kete or motor..xde jalan2 kaki macam kt jogja nie ha..kalo kt jogja rajinlah p berenang ngan naemah..kt taiping,geng pun xde..jawabnya exercise mulut depan tv je la..hahaaa..



td aku baca2 di kompas(paper indon)..kebetulan de artikel tentang metabolisme badan..artikel nie tentang 9 kesalahan yg memperlambat metabolisme..tau kn metabolisme nie penting utk elak badan gemuk..here's d article..enjoy it..(sory ye dlm bhasa indonesia..kalo xpaham silakan bertanya..:))

9 kesalahan yg memperlambat metabolisme
Untuk membantu mengurangi berat tubuh saat usia bertambah, pastikan asupan per waktu makan tidak lebih dari 400 kalori. Kemudian perbaiki asupan dengan menjaga aturan-aturan makan. Berikut hal-hal yang bisa memperlambat metabolisme tubuh dari Dan Benardot, PhD, RD, dari Georgia State University:

1. Kurang makan
Untuk membakar kalori, Anda butuh makanan, tetapi penting agar makanan tersebut tidak diasup berlebihan. Kekurangan makan justru bisa berakibat buruk bagi tubuh. Saat tubuh Anda kekurangan bahan bakar untuk melakukan fungsi biologis dasar (sekitar 1.100 kalori untuk kebanyakan wanita), tubuh akan mengerem metabolisme. Ini juga akan mengakibatkan pemecahan jaringan otot yang dibutuhkan untuk membakar kalori.

Cukupi kebutuhan makan Anda supaya tidak lapar. Sekitar 430 kalori per waktu makan dan diselingi dengan camilan 150 kalori akan cukup menjaga metabolisme tubuh bekerja. Waktu makan yang berselang sekitar 3-4 jam bisa membuat Anda tetap kenyang dan menghindari makan berlebihan di sisa hari.

2. Menghindari kafein
Kafein adalah stimulan sistem saraf pusat, jadi, asupan kopi per hari Anda bisa meningkatkan metabolisme sekitar 5-8 persen, sekitar 174 kalori per hari. Teh seduh panas juga bisa meningkatka sekitar 12 persen metabolisme, begitu menurut sebuah studi yang dilangsungkan di Jepang. Para peneliti percaya zat antioksidan yang terkandung dalam teh bisa mendorong hal tersebut.

3. Karbohidrat putih
Tingkatkan asupan serat dengan mengganti karbohidrat Anda dengan roti gandum utuh, pasta, dan memperbanyak buah serta sayuran. Riset mengatakan, tambahan serat bisa meningkatkan pembakaran lemak sekitar 30 persen. Studi mengungkap bahwa wanita yang mengasup banyak serat memperlambat kenaikan berat badan di usia lanjutnya. Targetkan asupan serat sekitar 25 gram per hari (sekitar 3 porsi buah dan sayur).

4. Air bersuhu ruangan
Periset dari Jerman mengatakan bahwa mengkonsumsi 6 cangkir air dingin per hari (sekitar 1.4 liter) bisa meningkatkan metabolisme dan membakar sekitar 2,5 kg per tahunnya. Peningkatan metabolisme ini bisa jadi karena upaya tubuh untuk mengubah suhu minuman tersebut sesuai dengan suhu tubuh.

5. Makanan terkontaminasi pestisida
Para periset Kanada melaporkan bahwa mereka yang mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi polutan dari pestisida, mengalami masalah penurunan berat badan, bisa jadi ini disebabkan karena polutan tersebut memengaruhi proses pembakaran energi dalam tubuh. Riset lain mengatakan bahwa pestisida bisa memicu kenaikan berat badan. Sebaiknya pilih makanan organik.

6. Kekurangan protein
Pastikan protein ada dalam konsumsi Anda sehari-hari. Tubuh butuh protein untuk pembentukan otot. Tambahkan sekitar 3 ons daging bebas lemak, 2 sendok makan kacang, atau 8 ons yogurt rendah lemak ke dalam makanan sehari-hari. Riset mengatakan protein bisa membantu bakar kalori sekitar 35 persen.

7. Kekurangan zat besi
Makanan yang kaya akan zat besi membantu mengedarkan oksigen ke otot. Oksigen dibutuhkan untuk pembakaran lemak. Hingga mencapai kondisi menopause, setiap bulannya perempuan akan kehilangan zat besi lewat siklus menstruasi. Jika tidak mengasup lagi, tubuh bisa kehabisan energi dan metabolisme menurun. Kerang, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, sereal yang diperkaya, dan bayam adalah sumber-sumber yang bisa dipertimbangkan.

8. Kekurangan vitamin penting
Vitamin D adalah vitamin yang penting untuk menjaga jaringan otot tetap bekerja. Sayangnya, kita jarang mengasup vitamin ini, padahal per harinya kita butuh sekitar 400 IU. Vitamin ini bisa didapat dari tahu, susu yang diperkaya vitamin D, salmon, sereal, dan telur.

9. Tak cukup susu

Banyak bukti yang mengatakan bahwa kekurangan kalsium bisa menyebabkan tubuh kekurangan kalsium, yang berakibat metabolisme tubuh menurun. Riset mengatakan bahwa mengkonsumsi kalsium lewat susu seperti susu bebas lemak dan yoghurt rendah lemak bisa mengurangi penyerapan lemak dari makanan lain.

p/s:suka minum susu perisa melon..sedappppp...oya(housemate) pggil aku anak kecik sbb suka minum susu especially malam2 da nak tido..:p

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...